AkhlakMuamalahShalat

Membangunkan Orang Menjelang Subuh

Pertanyaan:

Membangunkan orang menjelang subuh dengan memutar kaset al-qur’an, lagu padang pasir serta diiringi dengan panggilan bangun dan sebagainya. Bagaimana pendapat fatwa tarjih tentang gangguan ini?

Jawaban:

Adanya pengeras suara, tape recorder di Masjid, satu sisi bisa bermanfaat untuk menyemarakkan agama. Namum begitu, penggunaan kedua alat itu tidak lepas dari situasi dan pengaruh penggunaannya. Dengan volume yang tinggi sehingga sangat menganggu penghuni sekitar masjid, tentu menjadi tidak baik. Misalnya mengaji itu baik, dengan alat pengeras suara akan lebih berhasil guna, tetapi tentu saja pada saat yang tepat. Sekalipun mengaji kalau di waktu malam hari atau tengah malam dengan suara keras, di saat orang-orang sedang istirahat, tentu akan menganggu ketenangan orang. Padahal al-Qur’an telah memberi tuntunan agar kita di dalam membaca al-Qur’an dalam shalat tidak terlalu keras tetapi tidak juga terlalu pelan. Seperti tercermin dalam surat al-Isra’ ayat 110:

وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا (الإسراء: ١١٠) 

Artinya: Janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.

Ayat di atas menurut Ibnu Abbas turun kala Nabi mengimami para sahabat membaca al-Qur’an dengan keras. Ketika orang-orang musyrik mendengar bacaan tersebut kemudian memaki-maki al-Qur’an dan Nabi Muhammad.

Jadi membaca al-Qur’an/memutar kaset dengan menggunakan alat pengeras suara akan menjadi syiar jika dilakukan secara tepat. Masyarakat sekitar tidak akan terganggu ketenangannya, lebih-lebih pada saat mereka pada umumnya beristirahat. Karena masyarakat terdiri dari berbagai kondisi, ada yang tua, anak-anak, ada yang sedang sakit, ada yang menyukai suara keras dan sebagainya. Oleh karena itu agar kejadian pada masa Nabi itu tidak terulang kembali kita harus cermat di dalam mengumandangkan syiar agama ini.

Baca juga:  Ringtone dengan Suara Adzan atau Ayat-ayat Al-Qur'an

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button