Ibadah

Bolehkah Kurban Tidak Disembelih Sendiri?

Pertanyaan:

Sahkah kurban seseorang yang tidak disembelih sendiri, dan bolehkah berkurban bukan sapi atau kambing ataupun unta tetapi kerbau? (HR. Punani Dt. Besar, Bukittinggi, Sumatera Barat).

Jawaban:

Tidak ada larangan seorang yang berkurban untuk mewakilkan pada orang lain, juga tidak ada keterangan bahwa pelaksanaan kurban itu dilakukan orang lain, tetapi kita dapati bahwa Nabi sendiri memang melakukan penyembelihan kurban itu, seperti diriwayatkan oleh Jabir: ia menerangkan: NAHARNA MA’AN NABIYYI SAW. BIL UDAIBIYYATI, bahwa para sahabat menyembelih kurban termasuk Nabi juga menyembelihnya.

Dari Hadis lain kita dapati bahwa pernah Nabi menyembelih kurban sebanyak 100 unta. Sekalipun dalam Hadis itu tidak disebutkan bahwa Nabi juga mewakilkan orang lain, tetapi kiranya sukar membayangkan kalau dalam penyembelihan itu dilakukan semuanya oleh Nabi, tetapi kemungkinan oleh para sahabat. Di kalangan Mujtahidin, diterangkan bahwa mereka sepakat bahwa yang paling baik dan utama menyembelih kurban adalah orang yang berkurban sendiri, tetapi diperbolehkan mewakilkan pada orang lain. Adapun berkurban hewan kerbau, boleh saja, karena kerbau itu termasuk jenis sapi,*an hewan kurban.

Baca juga:  Ketentuan Zakat Ternak Sapi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button