Ibadah

Menjual Kulit Hewan Kurban untuk Makan Bersama, Bolehkah?

Pertanyaan:

Di tempat kami, kulit kurban dijual dan hasilnya dibelikan kambing untuk disembelih dan dagingnya dimakan bersama panitia. Hal demikian ada yang menentangnya karena adanya larangan menjual kulit kambing. Sedangkan yang membolehkan berdasarkan dari pada kulit itu mubadzir tidak dimakan. Mohon penjelasan. (H.M. Ma’shum, Jl. Raya 1647, Gadingrejo, Tanjung Karang, Lampung Selatan).

Jawaban:

Larangan menjual kulit kurban itu kalau uangnya dikembalikan atau diambil oleh pemilik kurban, karena kulit termasuk yang dikurbankan untuk dibagikan kepada yang memerlukan. Adapun menjual kulit kurban kemudian dibelikan daging atau dibelikan kambing kemudian dibagikan kepada yang memerlukan, itu boleh saja. Hanya saja kalau kulit kurban dijual kemudian dimakan bersama oleh panitia, rasanya kurang etis.

Sebaiknya kulit itu dijual dan dibelikan daging atau kambing untuk kemudian dibagikan pula. Anggota panitia secara perorangan ataupun sebagian salah satu shahibul qurban boleh saja menerima daging kurban itu. Barangkali oleh yang berhak menerimanya diserahkan untuk makan bersama. Jadi lembaga panitia tidak mendapatkan bagian sebagaimana dalam “amil zakat”, panitia zakat fitrah yang tidak dapat menerima bagian fitrah kecuali perorangan anggota panitia itu secara pribadi berhak menerima.

Baca juga:  Orang yang Berkurban Dilarang Memakan Dagingnya, Benarkah?

Related Articles

One Comment

  1. Inti permasalahan adalah “Shohibul Qurban dilarang menjual kulit qurbannya”.
    Bukan tentang kulit itu bermanfaat untuk orang lain.
    Panitia Qurban.pun tidak boleh menjual kulit qurban, karena dalam panitia biasanya ada shohibul qurban.

    Untuk melancarkan kegiatan pembagian kulit qurban maka dibentuk panitia tersendiri yang dialaminya tidak ada shohibul qurban.
    Panitia Qurban menyerahkan kulit qurban kepada orang/lembaga tersebut.
    Setelah itu baru boleh dijual.

    Alloohu a’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button